Males belanja di pasar tradisional? Sekarang supermarket ada di mana-mana. Lantai bersih, pake AC, pokoknya nyaman. Tapi awas, ada beberapa trik yang kamu perlu tahu soal bagaimana supermarket bikin kamu mengeluarkan uang lebih banyak. Nih, beberapa bocoran strategi pemasaran supermarket yang perlu kamu cermati.
Setinggi mata
Secara otomatis, pandangan mata kita akan tertuju pada barang yang diletakkan di rak setinggi mata kita. Padahal, belum tentu barang-barang dari merek tersebut yang paling ekonomis dari segi biaya. Coba deh, rela nunduk atau berjongkok supaya kamu bisa menemukan barang-barang yang lebih hemat.
Kereta belanja vs. keranjang
Ya iya lah, lebih nyaman mendorong kereta dibanding menggotong keranjang belanjaan. Nah, sahibul hikayat, kereta belanja memang dibuat untuk memudahkan pelanggan yang perlu berbelanja dalam jumlah besar. Masalahnya, begitu nyamannya sampai-sampai kamu tak sadar terus memasukkan barang-barang yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Nah lho, boros kan jadinya? So, stick with keranjang!
Hati-hati saat antri di kasir
Saat antri di kasir adalah saat yang membosankan. Mata mulai melirik kanan-kiri sambil menunggu pelanggan di depan kamu mengosongkan kereta belanjanya yang menggunung. Itulah kenapa di area kasir selalu ditelakkan berbagai merek cokelat, permen, majalah, baterai, dan barang-barang lain yang cukup menggoda. Disiplin! Selama nggak ada di daftar belanjaan, jangan kamu comot.
Masih banyak sebenarnya trik belanja yang bisa kamu pelajari, kalian bisa baca artikel-artikel lainnya disini ya. Until next time!
Sanggahan:
Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Calon investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).